• order@tokobukuislami.com
  • +62 896-3708-4187

Rambut Rontok Selama Pandemi, Kendalikan Stres, Pola Makan dan Banyak Olahraga

Rambut Rontok Selama Pandemi, Kendalikan Stres, Pola Makan dan Banyak Olahraga

Produsen Conblock

Rambut rontok tidak menyakitkan atau berbahaya, tetapi itu tidak membuatnya kurang menakutkan. Menggali gumpalan rambut di saluran pembuangan kamar mandi atau menemukan bahwa lantai kayu keras Anda tiba-tiba menjadi karpet rambut manusia adalah pengalaman yang menyedihkan. Tapi jangan panik! Sebelum Anda berkonsultasi dengan spesialis atau mempelajari pengobatan rambut menipis, perlu diingat bahwa rambut rontok adalah hal yang normal. Faktanya, sekitar 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap hari.

Jadi, kapan rambut rontok mencapai titik perhatian? “Seseorang secara umum akan mengetahui seberapa banyak rambut yang mereka lihat rontok di sisir atau di kamar mandi setiap hari,” kata Gretchen Friese, ahli trikologi bersertifikat untuk BosleyMD seperti dilansir dari laman Real Simple. “Jika Anda kehilangan lebih banyak rambut dari biasanya atau jika rambut rontok, itu akan dianggap tidak normal atau berlebihan.”

Jika Anda pernah mengalami fase kerontokan rambut yang belum pernah terjadi sebelumnya, Anda tidak sendirian. Sepanjang pandemi, banyak orang telah melaporkan sejumlah gejala yang tampaknya tidak terkait, termasuk episode kerontokan rambut. Gejala yang mengkhawatirkan — terkadang pada individu sehat yang tidak pernah terkena virus Corona,  tetapi ternyata ada benang merah di antara banyak kondisi ini yaitu stres kronis.

“Saya memiliki sejumlah klien yang memperhatikan peningkatan kerontokan rambut sejak karantina pada bulan Maret,” kata Friese. "Ini bukan dari virus itu sendiri, tetapi dari tekanan fisiologis saat melawannya." Statistik mendukungnya — secara nasional, survei menemukan peningkatan tingkat depresi, kecemasan, dan pikiran untuk bunuh diri selama pandemi. “Orang-orang kehilangan pekerjaan, tidak dapat melihat keluarga, dan tidak dapat berpartisipasi dalam rutinitas olahraga rutin mereka. Mereka juga dipaksa untuk melakukan homeschooling pada anak-anak, "kata Friese." Secara alami, setiap perubahan gaya hidup ini dapat menyebabkan stres yang luar biasa. "

Fenomena ini disebut telogen effluvium (juga disebut "rambut rontok syok"), kerontokan rambut sementara akibat penumpahan berlebihan guncangan pada sistem. Menurut Friese, ini biasanya dimulai beberapa bulan setelah mengalami stres. “Wanita yang pernah melahirkan akan sering mengalami kerontokan rambut seperti ini pada bulan-bulan berikutnya,” ujarnya.

Dalam kasus kerontokan rambut akibat virus corona, ini mungkin terkait dengan peningkatan kadar kortisol, hormon stres. Pikirkan siklus hidup folikel dalam tiga tahap (pertumbuhan, istirahat, dan pelepasan). “Ketidakseimbangan hormonal dapat menghentikan fase pertumbuhan dan membuat banyak folikel rambut ke fase istirahat (telogen),” kata Friese. “Ini fase pertumbuhan rambut ketiga dan fase sebelum rambut rontok (fase eksogen). Ketika jumlah folikel yang lebih besar dari biasanya masuk ke fase istirahat ini, itu akan memaksa lebih banyak rambut rontok di tahap akhir. "

Mungkin ada faktor lain yang berperan juga. “Orang-orang stres makan, makan dengan buruk, dan mengonsumsi lebih banyak alkohol dari biasanya. Pola makan yang buruk bisa berdampak buruk pada seluruh tubuh, termasuk folikel rambut, ”kata Friese.

Cabin fever adalah masalah kesehatan lainnya. “Kekurangan sinar matahari diketahui bisa mempengaruhi rambut rontok. Rambut Anda membutuhkan vitamin, jadi tanpa vitamin D yang cukup dari matahari (serta sirkulasi yang didapat tubuh Anda dari aktivitas), Anda tidak memberikan nutrisi penting ini untuk rambut Anda," kata Laura Polko, penata rambut selebriti di Los Angeles, Kalif.

Namun, kerontokan rambut akibat virus Corona — bahkan jika Anda menderita telogen effluvium — dapat disembuhkan sepenuhnya. Karena ini adalah ketidakseimbangan hormon dan bukan genetik (seperti alopecia), rambut rontok Anda kemungkinan besar tidak akan menjadi masalah permanen. Jika ada, anggap itu sebagai panggilan bangun tubuh Anda untuk memeriksa diri sendiri dan memprioritaskan kesehatan mental Anda, yang keduanya lebih kritis daripada sebelumnya saat ini.

“Menurunkan tingkat stres sebanyak mungkin adalah kuncinya. Pola makan yang baik, paparan sinar matahari, olahraga, dan meditasi adalah praktik yang bagus dalam manajemen stres," kata Friese. “Juga, habiskan waktu bersama orang yang dicintai. Bahkan panggilan telepon dapat membantu membangkitkan semangat dan membantu orang-orang merasa lebih terhubung dan tidak terlalu terisolasi ketika kita tidak dapat bertemu secara langsung. ”

Menggunakan produk untuk membantu mencegah rambut rontok — serta menumbuhkan kembali rambut yang hilang — juga dapat membantu. “Jangan menggunakan sampo kering secara berlebihan karena dapat menyumbat folikel dan merugikan Anda,” kata Polko. “Sebaliknya, cuci rambut Anda secara teratur dengan produk yang mendorong pertumbuhan rambut, seperti Kondisioner dan Shampo Volume Sempurna dari NatureLab Tokyo (masing-masing $ 14; ulta.com).” Anda mungkin juga ingin melihat layanan perawatan rambut yang dipersonalisasi yang menyediakan pengobatan yang ditargetkan. BosleyMD menawarkan formula khusus untuk setiap tahap kerontokan rambut dan akan mengantarkan produk langsung ke rumah Anda.

Stres tentang rambut rontok hanya akan merugikan Anda, jadi sikap berkepala dingin adalah obat terbaik untuk mengatasi rambut rontok. Dan bersabarlah: Pertumbuhan rambut membutuhkan waktu — biasanya setengah inci sebulan. Bahkan perawatan rambut rontok  berhasil ke waktu, jadi Anda biasanya tidak akan melihat hasil selama tiga sampai empat bulan. Dan jika masih belum membaik? Buat janji dengan ahli trikologi atau dokter kulit. “Rambut rontok jauh lebih umum daripada yang disadari kebanyakan wanita,” kata Friese. “Ada solusi yang sangat bagus di luar sana — kami hanya harus menemukan solusi yang tepat untuk Anda.”

Produsen Conblock

Produsen Conblock

CONBLOCK NUSANTARA adalah sebuah Pabrik Paving block/ conblock, Kanstin, U ditch, Buis beton, Box Culvert, jasa Aspal, dll yang yang siap melayani anda dengan jangkauan se Jabodetabek.